ANDA INGIN KULIAH : Berikut ini TIPS Memilih Jurusan

Apakah anda Siswa/Siswi baru Lulus dari tingkat SMA atau masih duduk di bangku kelas 3 SMA..??? Apakah anda juga ingin melanjutkan Studi ke Jenjang Perguruan Tinggi..?? tapi anda masih Bingung mau kemana dan ambil Jurusan apa ketika Kuliah,,dan nantinya mau jadi apa??

Anda tidak perlu Khawatir seperti itu,, karena di blog Beranda Pringsewu ini, akang akan coba memberikan Tips dalam memilih Jurusan, supaya anda tidak menyesal dikemudian hari. Berikut Tipsnya,, disimak yukk...

1. Kegemaran

Kegemaran adalah salah satu faktor yang paling penting ketika anda ingin memilih suatu Jurusan dalam Perguruan Tinggi. Bayangkan jika anda harus Stuck menekuni jurusan yang sama sekali tidak anda sukai selama empat tahun..!!! tentunya itu bukanlah suatu yang ingin anda alami di masa-masa kuliah. Waktu kuliah akan sama sekali tidak menarik jika anda melakukannya karena terpaksa.

2. Bakat

Coba anda nilai diri anda sendiri dalam hal performance dan prestasi sekolah. Hal apa saja yang sudah anda berhasil lakukan di sekolah, baik itu disisi akademis maupun non-akademis seperti OSIS, jadi ovent organizer atau sports competition, atau misalnya pernah menjabat jadi ketua klub di sekolah anda. Semua itu akan menjadi hal penting ketika akan memilih jurusan.

3. Semangat

Semangat merupakan salah satu kekuatan pendorong kehidupan. Sulit rasanya jikalau disuruh membayangkan kuliah tanpa motivasi, tanpa tujuan, tanpa arah yang jelas, setelah lulus anda mau apa. Jangan sampai ketika kuliah kehilangan motivasi tersebut, akibat alasannya cukup sederhana yakni salah pilih jurusan.

Untuk itu ada baiknya ketika sudah membuat beberapa nominasi jurusan yang anda minati, coba anda bertanya pada diri sendiri :
Apa yang memotivasi anda untuk memilih jurusan itu ?
Apakah pilihan anda murni didasari oleh minat, bakat, dan personal values anda?
Atau anda memilih jurusan itu hanya semata-mata tekanan orang tua atau teman-teman sekitar?

4. Faktor Uang

Ini bisa jadi merupakan faktor yang tidak bisa anda sangkal. Sebaiknya anda harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah anda. Anda harus menghitung kira-kira apakah anda sanggup dengan biaya kuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi tersebut. Terlebih jika anda memilih untuk kost, maka biaya hidup di kost tentu harus dipertimbangkan juga.

Namun, anda juga harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang ini, lalu anda menutup diri dari minat dan panggilan jiwa anda terhadap jurusan studi tersebut.

5. Persiapkan Alternatif

Jika karena beberapa hal dan pertimbangan, akan mengakibatkan anda tidak memasuki jurusan kuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi tertentu. Anda sebaiknya mempersiapkan alternatif atau rencana cadangan. Mungkinkah anda mengambil jurusan lain? atau menunda kuliah tahun ini dan mencobanya di tahun berikutnya? dengan adanya rencana alternatif maka anda akan lebih percaya diri dan siap secara mental dalam membuka peluang yang pada awalnya tidak anda sadari.

Anda juga dapat melihat : Daftar Nama Nama Perguruan Tinggi yang ada di Lampung

sumber arikel dari koran tribun lampung, jum'at 22 januari 2016 halaman 6

Nah itulah Tips Memilih Jurusan jika artikel ini bermanfaat silahkan di share


Label: , , , , ,